Resep es cendol beras putih bandung spesial paling enak

Cara membuat es cendol beras putih - Es cendol biasa juga disebut dengan es dawet. Es cendol mudah sekali kita jumpai dipinggiran jalan, es cendol memiliki rasa paling enak terbuat dari cendol yang brebahan dasar beras putih, ditambah santan dan gula merah. cendol yang berwarna hijau menjadi bahan utama yang menonjolkan rasa beras nikmat. es cendol pasti memiliki rasa yang sangat spesial, apalagi dinikmati saat cuaca sedang terik. Es cendol merupakan makanan khas bandung yang sudah mendunia jadi tidak hanya di bandung kita bisa menjumpai es cendol. Indonesia memang memiliki berbagam minuman nikmat dan segar. 

Membuat es cendol bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. bahan untuk membuat es cendol juga tergolong mudah dijumpai, langkanyapun tidak bergitu sulit untuk dikerjakan. anda bisa simak ulasan cara membuat es cendol ini hingga selesai untuk mendapatkan kenikmatan dan kelezatan dari es cendol spesial. anda bisa membuat es cendol langsung dirumah. es cendol tidak cuma bisa dinikmati saat hari biasa namun juga bisa dijadikan menu berbuka puasa. umat muslim tidak lama lagi memasuki bulan puasa pasti minuman segar seperti es cendol menjadi salah satu minuman yang mudah kita jumpai. es cendol memang pas untuk di santap saat berbuka puasa, rasa manis dari gula merahnya bisa mengembalikan stamina anda seteleh seharian berpuasa. 
Baca juga : Resep es teler 77 gula merah segar
Es cendol bukanlah minuman biasa, dimana es cendol dimikmati oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua, dari yang kaya maupun yang miskin. harga es cendol juga tergolong murah. es cendol di jual dikisaran harga 5000 - 10000 rupiah. apakah anda tertarik untuk memasak es cendol sendiri dirumah? kalau iya, mari simak bahan dan langkah untuk membuat es cendol dibawah ini.

Cara membuat es cendol beras putih bandung spesial paling enak


Bahan membuat es cendol :

Bahan Cendol :
  • 110 gr Tepung beras
  • 40 gr Tepung sagu
  • 1/2 sdt Garam
  • 2 sdm Air kapur sirih
  • 15-20 lbr Daun pandan
  • 300 ml Air
  • 700 ml Air

Kuah Santan :
  • 300 ml Santan dari 1 butir kelapa
  • 2 lbr Daun pandan uk kecil
  • 1/2 sdt Garam

Air Gula Merah :
  • 200 gr Gula Merah
  • 2 lbr Daun pandan uk kecil
  • 500 ml Air

Baca juga : Resep es kopyor durian enak untuk dijual

Langkah membuat es cendol :

  1. Blender daun pandan dengan 300 ml air hingga halus lalu saring.
  2. Campur semua bahan cendol, aduk rata. Nyalakan api masak hingga mengental dan warna menjadi hijau tua dan bening. Angkat.
  3. Siapkan air berisi es batu, lalu cetak adonan cendol dengan cetakan cendol atau bisa menggunakan piping bag atau plastik gula dilubangi bagian ujung nya.
  4. Kuah Santan : Campur semua bahan, aduk-aduk hingga mendidih.
  5. Air Gula : Masak semua bahan aduk rata, masak hingga mengental.
  6. Sajikan cendol dengan air gula merah, santan dan es batu.

Itulah cara membuat es cendol sederhana yang telah selesai anda masak. masih banyak resep minuman dan resep es nikmat yang bisa anda dapatkan disini. oiya bagi anda yang merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa klik tombol share media sosial dibawah untuk menjadikan artikel ini benar-benar bermanfaat. selamat mencoba dan salam sukses - Resep es cendol beras putih bandung spesial paling enak