Resep Rahasia Es Teler Gula Merah Mahkota Enak Banget

Es teler merupakan minuman buah yang ada di Indonesia, dimana buah alpukat, durian, cincau, nangka, kelapa muda, juga aneka buah buahan tersaji didalamnya dengan santan, dicampur susu kental manis, pandan, dan gula merah pastinya. Penemu resep es teler ini bernama Hj. Samijem Darmo Wijoyo ditemukan pada tahun 1957, hal itu adalah ke kreatifannya sendiri. Beliau merupakan warga asli dari kampung juron, hingga kinipun es teler ini terkenal dipelosok Indonesia maupun mancanegara. Selain itu juga minuman ini sudah menjadi memiliki restoran sendiri seperti yang telah memiliki brand sendiri yakni es teler 77 dan kini banyak tersebar dibeberapa kota misalnya jakarta seperti jakarta selatan dan barat, surabaya, semarang, makassar yang biasa disebut es panaikang, jogja, sinar garut, bandung, tanjung anom, bekasi, bogor, serta beberapa kota yang ada di Indonesia lainnya.

Selain es teler 77 juga terdapat salah satu brand yang juga membuka usaha pada minuman ini nggan, yaitu es teler 88, dimana brand ini hampir sama seperti brand lawannya. Namun jika ditelurusi lebih lanjut, admin lebih senang minum ditukang es teler spesial yang ada dipinggir jalan, lebih enak, asik dan nikmat suasananya. Ketika admin berkunjung di Jakarta ada seorang teman bernama adityawarman suami dari mbak megaria membuat es ini, dan rasanya enak banget sob, katanya mendapatkan resep es teler 77 disebuah buku.
Baca juga: resep es cincau
Paling asik dan waktu yang tepat untuk mencicipi es ini ketika cuaca panas dan cocoklah seperti Indonesia. Untuk menikmati cuasa yang terik ada baiknya tidak mencoba es yang biasa agar sensasinya lebih segar. Mungkin aku saranin bisa mencoba es teler ini untuk menghilangkan rasa haus anda nggan, bunda dan sista. Banyak pilihannya kok juga minuman ini menyehatkan menurut aku, dikarenakan dalam membuat es teler digunakan bahan yang alami dan sehat. Untuk mencobanya anda akan mencarinya disekitar rumah anda ataupun sedang berjalan keliling kota kemudian mampir di warung. Namun ada solusi terbaik dari aku sih, baiknya membuatnya sendiri di rumah pastinya akan lebih mantap. Maka dari itu resep es teler 77 yang spesial dan enak ini akan aku bagikan kepada teman semua, nantinya ditambahkan gula merah, buah durian dan semacamnya, pasti lezat banget deh.
Resep Es Teler

Resep Es Teler Yang Paling Enak Ala Es Teler 77

Alasan aku mengajak teman-teman disini untuk mencobanya sendiri dan mengetahui cara membuat es teler yang enak dari artikel resep es teler adalah salah satunya ingin mengajak anda untuk berhemat, kemudian belajar membuat sendiri mana tahu bisa membangun usaha es teler di rumah hehe. Kemudian dari itu semua adalah memberikan minuman yang higienis dan yang terpenting, suami, anak, serta keluarga mencicipinya akan lebih berbeda dari yang di warung atau restoran. Mau tahu cara membuat es teler gula merah ala 88 dan 77 ? Yuk simak bahan dan cara pengolahannya dibawah ini.
Baca juga: resep milkshake oreo sederhana

Bahan Es Teler

  • 1 buah alpukat
  • 400 ml air kelapa muda
  • 7 potong buah nangka
  • Jelly atau agar agar secukupnya
  • Es batu serut secukupnya
  • 300 ml susu kental manis
  • 4 potong buah durian, ambil isinya
  • Cincau hitam secukupnya, potong dadu
  • Daging kelapa muda atau degan secukupnya
  • Gula merah, disisir secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Daun pandan secukupnya
  • 300 ml santan kelapa
Cara Membuat Es Teler Yang Enak
  • Masukkan isi buah alpukat, nangka yang sudah dipotong dadu, degan kelapa, agar agar, cincau, buah durian kedalam mangkok.
  • Masukkan air kelapa muda, susu kental manis didalam mangkok berisi bahan lainnya. Aduk dan cicipi rasanya, jika kurang manis bisa tambahkan lagi susu ataupun bisa tambahkan gula pasir.
  • Berikan sendok sebagai alat untuk mencicipinya, es teler selesai.
Tips: anda bisa membuat es teler dengan campuran gula merah dan santan sebagai kuah, caranya merebus gula dan santan bersama daun pandan. Jika tidak, bisa anda gunakan gula pasir sebagai pemanis santannya. Juga bisa anda tambahkan buah kesukaan anda sendiri nggan, semoga bermanfaat.
Bagaimana dengan rahasia resep es teler yang satu ini, salah satu minuman terbaik yang ada di Indonesia, biasa dijual dekat pinggir jalan sampai restoran yang bergedung mewah. Bagaimanapun tempat jualnya, yang penting adalah rasa yang menyegarkan, benarkan nggan. Jangan lupa untuk membagikan es teler resep ini kepada sista, bunda dan anggan lainnya, agar mereka bisa tahu bagaimana cara membuat es teler yang enak ini. Semoga apa yang dibagikan ini bermanfaat dan menambah kecintaan anda kepada minuman khas Indonesia ini. Untuk resep minuman selanjutnya dapatkan melalui email agar tidak ketinggalan, semuanya hanya di blog minuman starbucks.