Cara Mudah Membuat Es Selendang Mayang Khas Betawi

Cara membuat es selendang mayang yang dimana salah satu jenis es ini merupakan sebagai salah satu minuman khas betawi asli yang sangat favorit untuk anak-anak karena paling enak dikelasnya dan juga lezat, apalagi menjadi minuman yang dicari sebagai minuman buka puasa. Namun semakin hari tentunya orang yang sudah berumur pun juga sangat menyukainya dan sangat hobi untuk menikmati minuman yang satu ini, minuman ini memiliki rasa yang sangat segar.

Resep es selendang mayang ini tentunya akan membuat anda mengerti dan pastinya hasilnya bisa kita temukan dengan mudah jika ingin mencarinya. Sehingga untuk Anda yang ingin untuk membuat es sajian sedap asli khas betawi tersebut akan dengan sangat mudah membuatnya. Salah satu bahan dari majalah femina yang digunakan dalam membuat es selendang mayang ini yaitu seperti pudding yang selanjutnya di campur dengan menggunakan tepung sagu, kemudian tepung hunkwe yang diberikan dengan warna hijau dan juga warna merah muda.

Jika kita melihat es tersebut maka bukan hanya lezat saja akan tetapi juga dengan warnanya yang cukup menggoda. Es selendang mayang ini jika Anda menemukannya di luar maka juga sangatlah murah sekali, Anda bias membeli es tersebut dengan harganya yang sangat terjangkau yaitu 4000 rupiah saja. Entah bagaimana sejarah es selendang mayang ini sehingga disebut seperti itu, mungkin pembaca disini ada yang tahu? Jika tahu tolong diberi tahu ya, barangkali pembaca ada yang dari tangerang juga dan pasti tahu tentang minuman ini.

Cara Mudah Membuat Es Selendang Mayang Khas Betawi

Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri tentunya ini akan lebih mudah pastinya. Karena kali ini saya juga akan berbagi resepnya secara singkat dan jelas untuk anda semua nggan. Jadi sekarang yang harus anda persiapkan dan lakukan yaitu pertama kali harus menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut:

Bahan Es Selendang Mayang

  • 100 gram tepung hunkwe
  • 100 gram tepung sagu
  • 1750 ml air putih
  • Pewarna makanan warna hijau secukupnya
  • Pewarna makanan warna merah muda secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 500 gram gula jawa
  • 6 buah daun pandan
  • 1 liter santan (rebus hingga matang)
  • Nangka 5 biji kita potong potong
  • Es batu secukupnya
  • 5 sendok maka gula pasir

Nah setelah semua bahannya terkumpul maka Anda bisa untuk memulai untuk membuatnya. Jangan tergesa-gesa, admin sarankan untuk teliti agar hasilnya juga lebih baik. Berikut ini setelah menyiapkan bahan, langsung saja simak proses pembuatan es yang seperti nama batu selendang pandang ini, yuk mari kita simak.

Cara Membuat Es Selendang Mayang

  • Pertama yaitu membuat sirup es selendang mayang, rebus air sebanyak 750 ml, lalu kemudian Anda masukkan daun pandan, garam, gula pasir dan gula jawa. Selanjutnya Setelah mendidih dinginkan, lalu Anda saring sirup tersebut.
  • Yang kedua yaitu Membuat selendang mayang, campurkan dengan menggunakan tepung hunkwe, tepung sagu, garam dan air (1000 ml). Selanjutnya Anda Aduk aduk sampai tercampur rata. Lalu kemudian Anda bagi menjadi 3 bagian adonan, adonan pertama biarkan putih atau tidak diberi pewarna, kemudian adonan yang kedua beri pewarna hijau secukupnya Anda aduk rata, adonan ketiga Anda beri pewarna merah muda lalu Anda aduk rata juga. Kita masak adonan berwarna hijau hingga matang kemudian taruh dalam cetakan biarkan dan agak dingin. Selanjutnya Anda lanjutkan dengan cara memasak adonan warna putih dan kemudian setelah matang tuang diatas adonan yang berwarna hijau. Nah untuk yang Terakhir masak adonan warna merah muda dan setelah matang Anda siram diatas adonan warna putih dan selanjutanya biarkan sampai dingin.
  • Langkah yang ketiga, setelah semua adonan untuk selengang mayang tersebut dingin maka kita potong potong. Kemudian Anda taruh dalam mangkok saji nangka yang sudah Anda potong-potong, santan sirup gula dan tambahkan dengan menggunakan es batu dan Es selendang mayang siap untuk dihidangkan.

Nah anggan tampaknya sangat mudah sekali untuk Anda praktikkan di rumah sendiri, dan pastinya hasil buatan Anda sendiri akan lebih nikmat dari pada Anda membelinya di luar, dan Anda juga bisa menikmatinya dengan keluarga. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai resep es selendang mayang. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih, namun jangan lupa untuk berbagi tulisan ini dan silahkan follow kami melalui email untuk mendapatkan artikel minuman terbaru secara otomatis dari sistem kami.