Cara Sederhana Membuat Es Dung Dung Secara Tradisional

Es dung dung - Huwalo pelanggan minuman starbucks, kali ini kita akan sedikit bernostalgia dengan salah satu resep es dung dung yang dikenal juga dengan es puter, tung tung, tong tong, dan es dong dong. Pada dasarnya es ini berbahan utama santan dan cara membuat es dung dung dibuat secara tradisional di rumah sehingga memiliki tekstur yang agak sedikit kasar karena menggunakan alat sederhana yang diputar. Asal mulanya penamaan es dung dung didapatkan dari hasil suara yang dikeluarkan dari bunyi gong kecil atau mini yang biasanya digantung oleh para penjualnya dan umumnya dipukul hingga mengeluarkan bunyi merdu dan khas pada waktu si penjual menjajakan esnya.
Baca juga: resep es doger
Terciptanya es dung dung ini karena dorongan warga yang ingin sekali mencicipi es krim yang lezat, tetapi dikarenakan harganya tidak dapat dijangkau. Datang ide kreatif yang kemudian susu mahal pada waktu itu diganti dengan santan. Penggantian bahan primer tersebut aslinya yang membentuk rasa es ini menjadi super legit dan lembut. Namun tampilannya yang dibuat sama persis seperti es krim.

Sejarah es dung dung berawal dari terbatasnya orang Indonesia menikmati es krim pada masalalu, hanya mampu dicicipi oleh kaum tertentu saja. Impian yang sangat tinggi itu akhirnya melahirkan cara modifikasi es krim dengan mengganti bahan dasar susu menjadi santan dari kelapa kemudian memadukan berbagai rasa yang enak pula seperti nangka, kacang ijo atau hijau kelapa muda hingga durian maka tercetuslah es krim yang sangat tradisional ala rumahan dan tidak kalah lezatnya dengan es krim yang terbuat dari susu tersebut.

Resep Es Dung Dung Santan Ala Homemade, Rumahan

Kepopuleran es dung dung ini karena pedagang yang berkeliling menawarkan produknya keseluruh pulau jawa. Saat ini si penjual membawa gerobak imutnya itu dengan gong kecil yang mungkin anda temui biasanya pada pesta pernikahan, arisan atau sedang diadakannya pertandingan sepakbola antar kampung. Nah tapi es yang awalnya tradisional banget ini sudah mulai dilirik oleh perusahaan besar seperti walls dan forum ncc namun menambahkan varian rasa baru lainnya sehingga menarik minat pembeli. Maka dari itu aku ingin mengajak anda mencoba mengetahui cara membuat es dung dung secara tradisional di rumah atau ala homemade. Cara yang diberikan melalui resep es dung dung ini semoga bisa anda coba di rumah masing-masing ya nggan. Yuk simak bahan dan cara pengolahannya dibawah ini, semoga bermanfaat.
Baca juga: resep es teler
Cara Membuat Es Dung Dung Secara Tradisional

Bahan Es Dung Dung

  • 500 ml santan
  • 300 gram gula pasir
  • 200 gram tepung hunkwe
  • 100 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung kanji
  • Garam halus secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Es batu secukupnya
Cara Membuat Es Dung Dung
  • Campur semua tepung kedalam wadah, sisihkan.
  • Didihkan air, lalu masukkan tepung, dan aduk terus sampai tepung kental seperti bubur, sisihkan.
  • Dibagian lainnya, masukkan santan, gara, gula, juga adonan tepung, lalu mixer hingga tercampur rata sampai agak mencair, lalu tambahkan rasa seperti kacang ijo, durian, coklat, dan lain sebagainya.
  • Masukkan adonan kedalam termos kaca yang kedap udara, dan di dalam ember isikan es batu berisi garam, lalu putar berulang kali dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi es.
  • Sekarang buka, dan jika sudah jadi es dung dung tersebut, sajikan menggunakan sehelai roti ataupun cone, selesai.
Tips: pada dasarnya pembuatan es dung dung asli persis seperti proses diatas, namun pada zaman modern ini tanpa diputar seperti itupun sudah bisa menjadikan es dung dung menjadi seperti es krim pada umumnya. Hanya diletakkan di dalam kulkas prosesnya menjadi cepat dan juga mudah, semoga bermanfaat.
Demikian resep es dung dung dan saat ini andapun sudah mengetahui bagaimana cara sederhana membuat es dung dung ini yang dibuat secara tradisional. Sangat mudah bukan ? Nah jadi sekarang anda bisa mengkreasikannya dengan rasa yang anda sukai, dan mungkin bisa anda jadikan ladang usaha sampingan anda di rumah. Untuk resep es dan minuman selanjutnya bisa anda simak serta ikuti melalui email secara gratis, oya jangan lupa nih buat bagiin tulisan ini melalui sosmed anggan minuman starbucks semua, semoga bermanfaat dan salam.