Resep Es Doger Bandung, Es Doger Spesial Untuk Dijual

Es doger minuman es susu kelapa dingin yang kerap kali ditemui pada provinsi dengan julukan priangan, bandung, jawa barat. Sebenarnya es doger berasal dari kota cirebon nggan namun berkembangnya waktu es ini bisa ditemukan didaerah kota besar seperti jakarta yang terkenal dengan es doger betawi. Untuk rasa es istimewa ini dijamin deh paling enak dan untuk harga setiap cup porsinya sangat murah nggan. Asal usul es doger ini tercipta dari ciri khas si penjual yang sedang dorong gerobak untuk menjajakannya maka disingkatlah menjadi doger atau es doger.

Banyak sekali foto es doger di sosmed nggan, sehingga kitapun ikut pengen mencicipinya dan pas ketika diminum disiang hari saat panas terik, pasti akan menyegarkan. Es ini umumnya berbahan dasar kelapa muda dan susu kemudian ditambah buah alpukat, tapai atau tape, ketan hitam dan lain sebagainya serta semuanya akan dibahas di resep es doger nggan. Tertarik untuk meminumnya atau tertarik untuk menjadikan peluang usaha waralaba es doger, jika tertarik simak terus tulisan ini sampai habis.
Baca juga: resep es cincau

Bila dilihat dari gambar es doger terlihat hampir sama seperti es cendol, namun disini ada pembedanya yakni es cendol menggunakan bahan tepung untuk membuat cendol hijaunya dan kadang jarang menggunakan ketan hitam sebagai campurannya. Sama halnya dengan es cendol, es doger pun juga mudah buat dijumpai, entah dipinggir jalan atau bahkan pada restoran sebagai hidangan penutup. Meskipun cukup simpel untuk menemukan es doger, tetapi tidak ada salahnya jika mempelajari resep es doger serta mencobanya sendiri di rumah, karena akan lebih nikmat serta higeinis tentunya.
Es Doger

Resep Dan Cara Membuat Es Doger Untuk Dijual

Huwalo pelanggan starbucks, sampai lupa admin menyapa kalian semuanya. Pasti sudah tahukan ya kita mau mengupas apa, ya benar yaitu resep es doger spesial untuk mengetahui cara membuat es doger untuk dijual dengan olahan sederhana dan rasanya juga sama seperti yang ada di bandung juga betawi jakarta, karena es enak ini sangat mudah dibuat nggan. Jadi anda tidak perlu khawatir dan bahannya juga sangat sederhana. Di google bertebaran tentang aneka resep es doger yang satu ini, tetapi admin akan memberikan hal yang berbeda serta istimewa dari yang sudah ada. Mau tahu bagaimana admin membuat es doger ini ? Yuk simak semuanya hanya ada di blog minuman starbucks, resep minuman segar ala pelosok nusantara.

Bahan Membuat Es Doger

  • 1,5 liter santan kelapa
  • Pewarna makanan, merah
  • 350 gram gula pasir
  • 150 ml susu kental manis
  • 200 gram tapai ketan hitam
  • 2 butir kelapa tua, serut halus dagingnya
  • 200 gram tape singkong, potong dadu

Cara Membuat Es Doger Bandung

  • Campur santan dan gula lalu rebus hingga mendidih, lalu masukkan pewarna makanan dan aduk sampai tercampur rata, kemudian tuangkan kedalam wadah dan masukkan kedalam kulkas sampai sedikit membeku.
  • Sekarang ambil campuran santan yang terlihat membeku, lalu keruk dengan sendok, dan kemudian kocok menggunakan mixer sampai halus.
  • Jika sudah terlihat halus lalu masukkan daging kelapa yang sudah diserut.
  • Saatnya langkah penyajikan, siapkan gelas atau cangkir, lalu masukkan tape singkong dan ketan hitam lalu masukkan pula es yang sudah diserut dan dihaluskan tersebut.
  • Yang paling terakhir, tuangkan susu kental manis putih atau cokelat, lalu sajikan, selesai.
Baca juga: resep es pisang ijo
Bagaimana nggan dengan tulisan resep es doger bandung ini, sederhana sekalikan ? Daripada anda beli ke pinggir jalan lebih baik membuatnya sendiri dan pastinya bisa anda jual kembali sebagai usaha sampingan anda nggan. Jangan lewatkan juga resep es selanjutnya ya disini, dimana lagi kalau bukan di minuman starbucks, resep minuman gratis untuk Indonesia tercinta. Jangan lupa juga nih untuk membagikan resep ini kepada teman-teman melalui sosmed, agar lebih banyak yang melihat artikel kita hari ini nggan. Semoga bisa dijadikan bahan referensi yang bagus untuk kalian semua, selamat mencoba.