Cara Sederhana Membuat Es Kopyor Agar Agar Kelapa Muda

Es kopyor - huwalo pelanggan minuman starbucks, bagaimana cuaca hari ini, sangat panas dan gerahkan. Maka dari itu aku ingin memberikan referensi resep es kopyor untuk anda coba di rumah dan mengetahui bagaimana cara membuat es kopyor ini, pastinya dari agar agar nutrijell dan kelapa muda. Namun bahan yang kita gunakan tidak imitasi nggan, alias buatan bahan sintetis seperti kebanyakan oknum pedagang yang mencari keuntungan rezeki yang tidak baik, karena kita disini membuatnya sendiri dan untuk konsumsi sendiri. Untuk hari ini kita akan membahas minuman spesial untuk menyegarkan kembali tubuh kita dan membuat fantasi yang sangat berbeda dari sebelumnya.
Baca juga: resep es teler
Sebelum masuk pada resep es kopyor, tidak salah jika anda mengetahui asal usul es ini terlebih dahulu agar bisa sedikit menambah pengetahuan anggan pada salah satu kuliner asli Indonesia ini. Kopyor atau garoh yang disebut sebagian warga jawa tengah ini memiliki makna kelainan pada buah kelapanya, kelainan tersebut terletak pada daging buahnya yang sangat lembut dan hampir terkelupas dari tempurungnya, kemudian jumlah air yang sedikit dan aroma yang tercium sangat berbeda dari buah kelapa normal. Proses ini dihasilkan dari perubahan dibagian mayang atau tandan yang terjadi ketika pembuahan atau sebelumnya. Untuk mengenali kelapa kopyor biasanya menggoyang goyangkan buah, dan akan terdengar bunyi daging buah tanpa air kelapanya.


Resep Es Kopyor Agar Agar Kelapa Muda Spesial

Buah kelapa kopyor ini kerap kali disajikan sebagai minuman dingin, ya seperti pembahasan kita kali ini, ya apalagi kalau bukan cara membuat es kopyor. Nah alasan disukai karena citarasa yang sangat lezat serta menyegarkan jika sudah diminum. Selain itu pula kopyor juga bisa dijadikan sebagai bahan resep kue loh nggan. Perlu anda tahu juga perbedaan harga perbuahnya, nilai kopyor ini memiliki harga yang sangat tinggi ketimbang kelapa pada umumnya, sangat fantastis bukan penghasilan sang juragan kelapa.
Baca juga: resep es cincau
Dari cerita rakyat, konon katanya dibeberapa wilayah di pulau jawa, kopyor ini merupakan sisa makanan dari sang bulan. Menurut kepercayaan tempo dulu, ketika terjadi gerhana bulan, si bulan turun ke wilayah ini kemudian memakan buah kelapa dan sisanya itu dipercaya menjadi kopyor, buah kelapa dengan sedikit air dan dagingnya terlepas dari tempurung tersebut. Untuk mencegahnya, para warga memukul kentongan sehingga menghasilkan bunyi yang ditakuti oleh bulan, sehingga bulan kembali lagi ke langit. Seperti itulah cerita mitosnya, percaya atau tidak terserah masing-masing diri kita. Tetapi menurut aku itu tidak penting, yang penting adalah bagaimana cara membuat es kopyor dari agar agar dan kelapa muda nggan, ingat ya bukan buatan menjadi sintetis, hehe. Mari kita simak resep es kopyor spesial berikut ini, dan silahkan mencoba di dapur sederhana anda sendiri nggan.

Resep Es Kopyor Spesial

Bahan Es Kopyor

  • 125 gram gula pasir
  • 800 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 bungkus agar agar nutrijell
  • 1 buah daging kelapa muda, keruk
  • Es batu, tidak diserut, secukupnya
  • Sirup gula coco pandan
  • Es batu serut secukupnya
Bahan Kuah Es Kopyor
  • 400 ml santan kental
  • Garam halus secukupnya
  • Selembar daun pandan
Baca juga: resep es buah

Cara Membuat Es Kopyor

  • Membuat kopyor, satukan agar agar, daun pandan, kelapa muda, santan dan gula pasir, lalu masak sampai mendidih. Aduk sekali-kali dan tuangkan perlahan-lahan diatas pecahan es batu, kemudian tiris dan dinginkan.
  • Membuat kuah es kopyor, campur santan, daun pandan juga garam kedalam kuali, lalu masak sampai mendidih, kemudian dinginkan.
  • Terakhir siapkan gelas atau cangkir, masukkan kopyor lalu masukkan es serut dan kemudian tuangkan kuah es kopyor. Tambahkan sirup coco pandan secukupnya, selesai dan sajikan.
Tips: bahan diatas mungkin tidak bervariasi, anggan bisa menambahkannya dengan pelengkap lainnya seperti buah nangka, alpukat, dan lain sebagainya sehingga menjadi lebih lengkap kelezatannya. Juga untuk sirupnya bisa anda ganti sesuka hati loh, semoga bermanfaat.
Bagaimana nggan dengan cara membuat es kopyor agar agar penuh fantasi ini, sangat mudahkan nggan. Nah maka dari itu jangan hanya membaca resep es kopyor sederhana ini saja, silahkan dicoba di rumah ya. Barangkali bisa dijual dan anda menjadi pengusaha es kopyor. Nah satu lagi nih, jangan lupa untuk saling berbagi tulisan ini melalui sosmed atau sosial media dari masing-masing anggan yang baca tulisan ini ya. Untuk mendapatkan artikel resep minuman segar dari blog starbucks, anggan bisa berlangganan via email loh, semuanya 100% gratis, jangan lupa ya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, salam.