Resep Membuat Es Mentimun Yang Enak dan Segar

Resep cara membuat es mentium selasih khas aceh yang segar, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bahwasanya mentimun ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat minuman yang khas.contoh es mentimun yang menjadi salah satu ciri khas di Indonesia adalah es mentimun serut selasih. Es timun serut selasih adalah salah satu minuman kebangaan yang khas berasal dari daerah Nangroe Aceh Darussalam.

Resep Membuat Es Mentimun Yang Enak dan Segar

Es timun yang satu ini memiliki rasa yang enak dan segar membuat banyak orang menyukainya. Apabila kita sedang berkunjung ke Aceh, dan kita sedang berkunjung ke restoran Mie Aceh, pasti rasanya tidak akan lengkap apabila kita tidak memesan minuman khas Aceh yang satu ini. Di daerah ini, minuman es timun serut selasih pasti selalu ada di daftar menu tempat makan yang menyajikan masakan – masakan khas Aceh.
Bacaresep es pelangi
Es segar yang biasa disebut es timun serut selasih Aceh original ini biasanya disajikan dengan sirup, gula atau sirup dengan kemasan berwarna merah yang cukup kental. Sesudah itu es timun serut disiram dengan hasil perasaan dari air jeruk nipis sehingga akan menciptakan rasa asam manis yang memiliki aroma timun yang begitu khas. Sungguh memang, minuman dingin yang satu ini begitu enak jika dinikmati di berbagai suasana apalagi ketika bersama keluarga. Es yang satu ini juga bisa dinikmati saat cuaca panas dan terik juga sebagai salah satu menu takjil buka puasa yang begitu segar, namun lebih enak jika anda membuatnya sendiri. Jadi di artikel ini cara membuat es timun yang segar ini akan admin bahas selengkapnya disini.

Semua orang pasti akan menyukai minuman es timun serut selasih ditambah sirup gula yang sungguh legit ini. Sesungguhnya bisa juga menggunakan serutan buah mentimun suri saja. Tetapi supaya lebih lengkap lagi dan nikmat dapat ditambahkan dengan buah selasih. Sebelum buah tersebut digunakan, jangan sampai lupa untuk di rendam terlebih dahulu sampai buahnya mengembang. Baru deh buah selasih bisa di gunakan sebagai campuran untuk membuat es timun serut selasih ini atau juga minuman es buah segar yang lainnya.

Supaya semakin komplit dan juga special, anda juga bisa menambahkan rumput laut dan juga aneka buah lain ke dalam campuran es tersebut. Kemudian untuk menambah variasi rasa selain menambahkan penggunaan sirup gula dan juga sirup merah, anda bisa juga menggunakan bahan seperti sirup hijau pandan, sirup jeruk, leci dan lain sebagainya sesuai dengan selera. Dengan adanya resep es mentimun di atas anda bisa untuk membuat minuman dingin yang enak dan juga segar tidak melulu menggunakan bahan yang mewah.

Bahan Membuat Es Timun

  • 150 gram mentimun
  • Es batu serut
  • Sirup hijau rasa melon secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1 sendok makan biji selasih ( rendam dalam air )

Cara Membuat Es Mentimun Segar

  • Ambil mentimun yang telah disediakan dan kemudian dicuci dengan air sampai benar-benar bersih, Tiriskan
  • Bagilah menjadi dua bagian mentimun kemudian buang beberapa biji
  • Setelah parutan kasar dengan irisan mentimun letakkan dalam wadah
  • Aduk rata parutan mentimun ke dalam gelas sajikan
  • Masukkan juga selasih, semangka, sirup kemudian tambahkan Kemangi secukupnya
  • Masukan es batu ke dalamnya dan kemudian tuangkan air matang secukupnya
  • Aduk selama satu menit dan kemudian siap untuk dinikmati

Karena hanya dengan bermodalkan buah mentimun, kemudian jeruk nipis dan juga sirup gula anda sudah bisa membuat minuman es dari mentimun yang cukup sederhana dengan berbagai citarasa asam manis yang segar pastinya. Mentimun adalah salah satu buah yang terkenal memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan akan bisa membantu dalam mengatasi dehidrasi yang diakibatkan seharian beraktifitas dan mungkin ketika menjalankan ibadah puasa.
Simakresep es doger Bandung
Begitu banyak sekali makanan khas memang yang berasal dari Indonesia. Dengan berbagai macam daerah dan kekayaan alam yang dimiliki di seluruh Nusantara, makanan dan minuman selalu muncul dengan variasinya yang bermacam – macam. Mungkin minuman tadi bisa menjadi solusi tersendiri bagi anda yang menginginkan minuman yang segar tetapi dengan harga murah. Itulah tadi Resep cara membuat Es Mentimun yang Begitu Segar dan bisa anda coba di rumah.