Cara Singkat Membuat Es Palu Butung Yang Menyegarkan

Cara membuat es palu butung ini memang merupakan sebagai salah satu es minuman yang berasal dari makasar. Es yang biasa dinamakan es pisang ijo ini juga menjadi minuman favorit dari warga makassar, hal ini dikarenakan memiliki rasa yang cukup enak dan juga segar. Kemudian selain rasanya yang segar cara membuatnya juga sangatlah mudah sekali. Entah mengapa es ini dinamakan palu butung oleh orang bugis makasar, sejarahnya admin kurang tahu, tetapi caranya membuatnya yang akan dibagikan.

Jika Anda menginginkan es tersebut, akan tetapi Anda bukan orang dari makasar maka Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dengan melihat tulisan resep es palu butung yang satu ini. Nah dimana? Tentunya di warung-warung terdekat Anda seperti di daerah surabaya yang juga menjual es butung tersebut. Banyak sekali yang menjualnya dan tidak hanya ada pada makasar saja.

Nah akan tetapi jikalau tidak ada yang menjualnya tentu ini bukanlah sebuah permasalahan untuk Anda, karena sebenarnya Anda sendiri bisa membuat es tersebut. Jadi Anda bisa mencicipi minuman yang lezat satu ini buatan Anda sendiri.

Cara Singkat Membuat Es Palu Butung Yang Menyegarkan

Sebenarnya untuk bahan utamanya es palu butung tersebut terbuat dari pisang, akan tetapi akan lebih nikmat kalau es plau buntung ini di buat dari pisang kepok atau pisang raja. Karena memang untuk kedua pisang tersebut sangatlah cocok sekali dijadikan sebagai olahan untuk es.

Nah untuk lebih lengkapnya bisa Anda simak untuk resep es palu butung tersebut, akan saya bagikan kepada Anda dibawah ini.

Bahan Es Palu Butung

  • Siapkan 3 pisang kepok ataupun pisang raja yang di kukus lalu kemudian Anda potong miring-miring
  • Sediakan sirup kental merah, atau juga bisa menggunakan rasa cocopandan 
    Siapkan es balok secukupnya yang Anda hancurkan terlebih dahulu
    Kemudian siapkan pula bahan saus siram es palu bunting
    70 ml santan yang kental siap saji
    Siapkan 2 lembar daun pandan potong- potong terlebih dulu
    Sediakan 3 sendok makan gula pasir
    Siapkan 2 sendok makan tepung beras
  • Yang terakhir yaitu 200 ml air putih

Nah, untuk bisa menikmati es palu buntung ini Anda perlu untuk melakukan beberapa hal seperti dibawah ini, maka dengan mempersiapkan bahannya andapun bisa mencoba langsung proses dengan tahapan yang berurut berikut ini:

Cara Membuat Es Palu Butung

  • Kukuslah pisang yang sudah Anda siapkan sampai matang, tandanya matang jika pisang tersebut di kukus yaitu dengan berubahnya warna kulit menjadi kecoklatan.
  • Selanjutnya jikalau sudah matang, maka Anda bisa memotong pisang-pisang yang berbentuk serong supaya terlihat bisa lebih menarik, atau juga bisa jadi tergantung dengan selera Anda.
  • Jika itu semua sudah Anda lakukan maka Anda bisa memulai untuk membuat sausnya. Yaitu dengan cara Anda mencampurkan semua bahan es palu bunting tersebut ke dalam panci yang memang sebelumnya sudah Anda panaskan, kemudian aduk sampai tercampur semua.
  • Kalau tepung yang Anda aduk tersebut sudah larut semua dan adonan saus Anda sudah bergerindil, Anda bisa mulai untuk memasukkan daun pandan yang sudah Anda potong-potong, selanjutnya bisa Anda aduk kembali sampai harum.
  • Kemudian selanjutnya bisa Anda tunggu sampai rebusan saus tersebut meletup-letup dan mengental, dalam fase ini Anda usahakan untuk menggunakan api kecil, jika sudah maka Anda bisa angkat dan tiriskan. Selanjutnya Anda bisa mulai untuk menata pisang yang sudah dipotong di dalam mangkuk atau ke dalam gelas saji, Anda juga bisa tambahkan es batu secukupnya, selanjutnya Anda siram dengan menggunakan saus siram es palu putung, kemudian tambahkan sirup kental merah secukupnya.
  • Es palu butung siap untuk disajikan.

Nah nggan itu tadi resep membuat es palu butung pisang ijo khas makasar yang bisa di buat sendiri di rumah. Pastinya akan sangat segar sekali. Semoga bermanfaat ya nggan, sekarang anda bagikan deh resep ini ke teman-teman grup kuliner anda baik di facebook ataupun disebuah komunitas kuliner anda. Bisa juga ini anda jadikan ladang uang untuk membuka usaha mandiri, jangan lupa untuk mem-follow kami ya melalui email, dan jangan lupa pula untuk berlangganan gratis.