Resep Membuat Es Hunkwe Yang Paling Mudah dan Enak

Resep es hunkwe atau yang sering disebut es gabus atau es kue atau roti ini sudah berada sejak lama di Indonesia. Es hunkwe ini merupakan sajian es yang cukup nikmat dan istimewa karena proses pembuatannya cukup mudah. Es hunkwe atau yang sering disebut es gabus ini merupakan sebuah sajian minuman yang dibuat dari bahan tepung hunkwe yang dibekukan. Sebenarnya tepung tersebut bukan hanya untuk membuat es ini saja, melainkan bisa membuat es cendol hunkwe dan es potong hunkwe juga es krim.

Es hunkwe memiliki rasa yang lembut meskipun agak kaku. Sudah cukup lama es hunkwe ini diciptakan, bahkan ini merupakan jajanan yang sudah terkenal sejak saya masih kecil dulu. Dan karena ini merupakan jajanan idola saya waktu kecil dulu, jadi saat saya besar pun saya masih ingat dengan kelezatannya. Dan karena saya kangen dengan es hunkwe ini saya keliling untuk mencari penjual es hunkwe.
Baca juga: cara membuat es lilin pop ice
Karena saya sudah keliling ke sana kemari dan tidak menemukan penjualnya, jadi saya memutuskan untuk mencari resepnya di internet dan dengan beraninya saya mencoba membuatnya di rumah. Ternyata cara membuat es hunkwe atau es kue hunkwe ini cukup mudah, bahkan jauh lebih mudah dari yang saya bayangkan. Nah, mungkin jika nasib anggan seperti nasib saya yang sudah saya ceritakan tadi di atas, anggan bisa membuatnya sendiri di rumah. Ini saya akan membagikan resepnya secara cuma – cuma kok, perlu anda ketahui juga es hunkwe ini bisa ditambahkan dengan buah ataupun rasa yang mengenakkan seperti coklat.

Resep Membuat Es Hunkwe Yang Paling Mudah dan Enak

Bagaimana, anggan tertarik untuk mencobanya? Oke baiklah, sebelumnya siapkan dulu beberapa bahannya seperti di bawah ini ya dan tapi jangan lupa, tidak ada yang terlewatkan dengan bahannya agar hasil dari resep es hunkwe ini lebih baik dan bagus.

Bahan Es Hunkwe

  • Tepung hunkwe kurang lebih sebanyak 1 bungkus.
  • 5 gelas santan kental atau kurang lebih 800 mili liter hingga 1 liter.
  • Gula pasir kurang lebih 150 gram hingga 200 gram, jika kebanyakan anda bisa menyesuaikannya sesuai selera anda.
  • 1/2 sendok garam atau anda bisa menyesuaikan sesuai dengan selera.
  • Pasta warna warni sesuai selera anda.

Nah, setelah beberapa bahan diatas telah siap, maka anda sekarang bisa memulainya untuk memasak dan semuanya bisa anda lihat melalui cara membuat es hunkwe dibawah ini ya nggan. Untuk cara pengolahannya ikuti langkah – langkah berikut, langsung saja cekidot:

Cara Membuat Es Hunkwe

  • Langkah pertama, masukkan semua bahan tepung hunkwe, garap, gula pasir, dan santal kentan kecuali pasta ke dalam satu wadah dan aduk hingga rata.
  • Kemudian masak hingga matang dan mengental sambil diaduk –aduk. Lalu setelah matang silahkan diangkat dari api.
  • Selanjutnya adonan tadi silahkan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai selera anda. Misalnya dibagi menjadi 5 bagian adonan dan kemudian beri warna pada tiap bagian misalnya merah, kuning, hijau, biru, dan pink atau merah jambu.
  • Setelah itu, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dibasahi oleh air, ratakan, dan tunggu hingga adonan sampai mengeras.
  • Nah, setelah adonan pertama selesai, kemudian tuang adonan selanjutnya ke atas adonan yang pertama tadi. Misalnya adonan yang pertama berwarna merah, selanjutnya tuang adonan yang berwarna kuning, hijau, biru dan begitu seterusnya hingga adonannya habis.
  • Setelah semua adonan sudah dituangkan ke dalam loyang, kemudian dinginkan hingga keras, setelah itu keluarkan dari loyang.
  • Potong – potong adonan yang kenyal sesuai bentuk yang anda inginkan dan kemudian bisa di bungkus dengan menggunakan plastik.
  • Lalu silahkan disimpan di dalam freezer hingga beku.Dan es hunkwe pun bisa disajikan.
Artikel terpopuler: cara membuat es mambo
Nah, seperti itulah sekiranya pembuatan dari resep cara membuat es hunkwe yang sudah terkenal sejak dahulu ini. Bagaimana nggan, mudah kan cara pembuatannya? Untuk selanjutnya anggan bisa mengkreasikan dengan berbagai bahan lainnya sesuai selera anda agar tercipta variasi rasa yang pastinya mebuat es hunkwe anggan lebih nikmat. Sekarang saatnya admin pamit dahulu, dan sekarang pula giliran anda untuk membagikan artikel resep minuman ini kepada teman yang lainnya atau anda bisa pula untuk follow kami melalui email agar bisa mendapatkan artikel terbaru secara gratis dari blog ini.