Resep Sederhana Es Puter Tradisional Yang Paling Enak

Resep es puter - huwalo anggan blog minuman starbucks, kali ini yuk kita membahas bagaimana cara membuat es puter secara tradisional dengan cara manual alias tanpa mesin atau alat dalam pengolahannya dan pastinya dibuat di rumah sendiri loh dan bahannya sangat mudah didapat dari santan. Jika anda membuatnya sendiri dapat anda tambahkan berbagai rasa seperti rasa buah nangka, alpukat, susu, kelapa muda atau kopyor, coklat, kacang hijau sehingga akan menjadi enak sekali rasanya. Pada dasarnya sih tekstur es ini lembut, meskipun es krim sederhana ini dibuat dengan cara tradisional pastinya terjamin deh anda menyukainya nanti.

Es puter adalah minuman yang sudah populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan teksturnya yang begitu lembut. Bukan itu saja es ini merupakan es yang sangat legendaris, es puter memiliki sebutan yang berbeda yaitu es dung dung, dijajakan oleh penjualnya dengan berkeliling menggunakan gerobak dan terdapat satu gong kecil untuk menarik perhatian para masyarakat untuk membelinya. Minuman sekaligus bisa dikatakan sebagai cemilan ini hampir sama dengan es krim, namun perbedaannya dari bahan. Jika es krim menggunakan susu sebagai bahan utama maka es puter menggunakan santan sehingga rasanya semakin legit, gurih dan sungguh lezat jika dinikmati apalagi es krim ala Indonesia ini juga memiliki banyak rasa nggan.
Baca juga: resep es krim sederhana untuk dijual
Jajanan khas ini banyak banget yang menggemarinya nggan, apalagi anak-anak yang sibuk ketika es ini dijajakan oleh penjualnya. Rasa yang unik dan lembut ini terkadang membuat sang anak menjadi senang dan pastinya mencicipi es tersebut bersama teman-teman mereka. Es yang dibuat secara tradisional ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena mengandung beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan es ini zaman dulu hanya bisa didapatkan dari pedagang keliling namun sekarang bisa anda dapatkan di restoran atau warung ice cream di kota anda loh nggan, sudah modern kan ?

Resep Es Puter Santan Tradisional Paling Lembut

Bagi sebagian pedagang atau penjual, ada loh rupanya pedangan yang nakal alias curang dalam membuat es puter ini. Memang pembuatannya ini sangat mudah dan bisa jadi usaha rumahan yang laris. Namun sayangnya usaha yang bagus ini disalah tempatkan oleh orang yang ingin meraup untungnya saja, pasalnya pedagang nakal ini tidak melihat kerugian yang didapatkan bagi si penikmat es puter ini karena pembuatannya ada yang menggunakan pewarna buatan atau sintetis, sangat bahaya sekali jika sudah masuk kedalam tubuh. Tapi tenang, jika anda takut membelinya karena alasan itu lebih baik anda mencoba membuatnya sendiri, tapi anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana sih cara membuat es puter ini di rumah kita sendiri, mari simak semuanya hanya di blog minuman starbucks.
Baca juga: resep es dawet
Resep Es Puter Lembut

Bahan Es Puter

  • 500 ml santan20 gram cokelat bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • Isi kelapa muda secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Garam kasar secukupnya
  • 60 gram coklat meises

Cara Membuat Es Puter

  • Didihkan santan kelapa, gula pasir, bubuk cokelat, garam dan bubuk vanili, rebus hingga mendidih lalu tambahkan isi kelapa muda, aduk dan sisihkan.
  • Bahan diatas dituang kedalam alat es puter yang sebelumnya sudah berisi garam kasar dan juga es batu yang sudah dipecahkan, putar berulang-ulang sampai membeku, lalu angkat.
  • Terakhir bekukan lagi lalu sajikan bersama coklat meises yang sudah tersedia, selesai.
Keterangan: anda bisa menambahkan atau mencampurkan rasa yang lainnya sesuai keinginan anda nggan, selamat mencoba.
Bagaimana dengan resep es puter tradisional ini nggan, sangat mudahkan ? Jadi anda bisa membuatnya sendiri tanpa takut apa yang dikonsumsi anaknya itu berbahaya. Nah sekarang tidak ada salahnya anda untuk berbagi resep dan cara membuat es puter ini kepada teman-teman yang lainnya melalui sosial media anda, tidak ada salahnya untuk berbagikan ? Mungkin hanya ini saja yang bisa admin blog minuman starbucks tulis, dan ingat ya, tunggu resep es atau minuman segar lainnya disini atau anda bisa berlangganan melalui email anda sendiri, gratis loh, semoga bermanfaat.