Cara Membuat Bandrek Jahe Merah, Minuman Asli Bandung

Cara membuat bandrek - Huwalo semua pelanggan minuman starbucks, anda pasti tahu jahe merah bukan ? Biasanya jahe tersebut dibuat menjadi wedang bandrek untuk menghangatkan badan, biasanya dicampur dengan susu sehingga menjadi minuman yang enak dan sehat untuk tubuh. Seperti kita ketahui bandrek ini banyak dijual secara bubuk instan, bandrek jenis ini biasa ada di toko dengan bentuk bungkusan berbagai merk, namun hal itu tidak sempurna rasa dan kehangatannya. Banyak sekali kota yang saat ini menjual minuman hangat ini contohnya saja seperti bandrek yang terdapat di medan dan aceh, tetapi untuk kali ini admin akan memberikan sesuatu yang asli tentang minuman dari bandung ini, dengan resep bandrek ini mungkin akan menjadi referensi berharga dan berguna bagi anggan semuanya.

Baca juga: resep kopi ala cafe

Untuk resep bandrek asli biasanya tanpa diberikan susu pada minuman ini, namun jika ditambahkanpun bisa menghasilkan rasa yang jauh lebih enak. Cara membuat bandrek sebenarnya gampang contohnya minuman yang berasal dari bandung kini sudah ada di medan dan aceh nggan, bagaimana ? Sangat mudah sekali bukan ? Untuk jenis campuran bandrek sendiri yang admin ketahui hanya dua saja, yaitu pada umumnya dicampur susu dan kemudian ada pula yang menggunakan kelapa muda untuk campurannya nggan, eh iya yang sachet ada juga loh, tapi kesimpulannya mau dicampur apapun itu tidak akan mengubah rasa dan kehangatannya. Tapi menurut aku sih lebih baik yang original dari jahe merah karena hangatnya sempurna. Sebelum kita bikin minuman yang hangat ini, alangkah baiknya jika anda yang bukan orang sunda mengetahui apa itu bandrek terlebih dahulu nggan.
Cara Membuat Bandrek Jahe Merah, Komplit Asli Bandung

Bandrek adalah sebuah minuman untuk menghangatkan tubuh dan merupakan minuman tradisional khas asal kota priangan, bandung yang sering dinamakan wedang bandrek. Asal usul dari bandrek tidak tahu pasti sejak kapan nggan tetapi untuk penyajian yang pas, biasanya disajikan pada keadaan cuaca yang dingin ketika hujan ataupun seperti kota bandung yang aslinya itu daerah dataran tinggi yang sejuk. Untuk membuat minuman ini diperlukan bahan yang mudah ditemukan yaitu jahe dan gula merah atau gula aren, lalu dicampur dengan rempah-rempah yang mampu menguatkan rasa hangat ketika berada di tenggorokan, dan untuk menambah kesan penambah selera terkadang ditambahkan susu. Jika anda di bandung dan ingin mencicipi minuman ini bisa datang ke warung bandrek abah ciwidey, hanjuang cimahi, bandrek house, atau ke yo bandrek disana tapi yang lezat sih menurut aku itu di gerobak bandrek, pasti suasananya mantap deh nggan dan yang terpenting untuk ibu hamil juga cocok mengkonsumsinya karena meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan aja juga loh es bandrek kalau lagi haus.

Resep Membuat Bandrek Asli Jahe Merah Komplit

Nah sekarang bagi anda yang belum bisa ke bandung mungkin anda bisa ke medan atau aceh, tetapi jika belum bisa kesemua kota tersebut barangkali tulisan resep bandrek susu ini mungkin bisa membantu anda dalam mencicipinya. Untuk itu hari ini kita akan membahas bagaimana cara membuat bandrek jahe susu, tetapi tidak dengan cara instan, bagaimana sih bikinnya ? Langsung saja berikut bahan dan proses yang bisa anda ikuti, hanya di minuman starbucks, resep minuman segar ala internet.
Resep Bandrek Susu

Bahan Pembuatan Bandrek

  • 1500 ml air mineral
  • 7 butir cengkeh
  • 2 lembar daun pandan
  • 6 cm kayu manis
  • Garam halus secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • 3 batang serai atau sereh, memarkan
  • 350 gram gula aren atau gula merah, disisir
  • 6 ruas jahe merah, dibakar, memarkan
  • Susu kental manis secukupnya
  • Daging kelapa muda secukupnya
  • 1 butir kuning telur ayam kampung

Cara Membuat Bandrek Jahe Merah

  • Rebus air kedalam panci, lalu masukkan gula aren, kayu manis, cengkeh, daun pandan disimpul, garam halus secukupnya, serai, merica, jahe merah sampai mendidih, lalu aduk sampai gula larut dan beraroma wangi.
  • Ambil wadah besar atau bisa langsung masukkan kedalam teko atau ceret, saring bahan yang sudah direbus tersebut kedalam teko.
  • Untuk campuran citarasa, bisa ditambahkan susu kental manis, daging kelapa muda ataupun telur ayam saat dihidangkan secangkirnya. Tuangkan bandrek kedalam cangkir, lalu masukkan susu atau kelapa muda, aduk, selesai. Untuk campuran telur ayam, aduk dahulu kuning telur, tuang bandrek kedalam cangkir berisi telur, sajikan.
  • Sekarang bandrek jahe merah dihidangkan saat dingin bersama keluarga.

Baca juga: resep es krim coklat

Demikian cara membuat bandrek dengan berbagai citarasa yang dapat anda buat di dapur kesayangan anda melalui referensi resep bandrek yang sudah aku bagiin di blog tercinta ini, cocok ditemani dengan makanan ringan seperti kue balok ataupun kue bolu loh. Sekarang gilirang anda ya buat bagikan tulisan ini kepada teman-teman yang berada di dataran tinggi ataupun yang sedang dalam perjalanan supaya melek lagi hehe. Atau silahkan bagikan melalui sosmed anda semuanya, jadi tuh kan rame yang ngeliat, dan akhirnya merekapun juga mengetahui bagaimana sih cara membuat bandrek yang enak, asli, dicampur susu atapun tidak. Jangan lupa untuk update artikel terbaru dari minuman starbucks ya nggan, semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bandrek Jahe Merah, Minuman Asli Bandung"

Post a Comment